Image
  • Tirto Adhi Soerjo, Pendiri Harian Pribumi Pertama yang Kritis Tulisannya

    Menjadi salah satu pelopor jurnalistik Indonesia, sosok Tirto Adhi Soerjo dikenal sebagai pendiri harian pribumi pertama kali.

  • Douwes Dekker, Jurnalistik Jadi Wajah Menyebarkan Gagasan Perjuangan Bangsa

    Meski harus berkali-kali dipenjara karena tulisannya yang mengkritik tajam dan berani, Douwes Dekker tidak patah semangat. Baginya, jurnalistik adalah wajah untuk menyebarkan gagasan perjuangan bangsa.

  • Manfaatkan Media Massa, Cerdiknya HOS Tjokroaminoto Melawan Kolonial Belanda

    Dunia pers begitu akrab dengan HOS Tjokroaminoto. Melalui kecerdikannya, ia memanfaatkan media massa untuk melawan kolonial Belanda.

  • Dr Wahidin Soedirohoesodo, Pelopor Jurnalistik di Masa Pergerakan

    DR Wahidin Soedirohoesodo rupanya tidak hanya dikenal sebagai pelopor pergerakan. Menjadi seorang jurnalis, ia mencurahkan segenap pikirannya untuk berjuang demi bangsa Indonesia.

  • Dr Soetomo, Tokoh Pergerakan yang Cinta Dunia Pers hingga Akhir Hayat

    "Kita tahu dunia sedang meributkan banyak hal dan begitu cepat informasi tersebar."

  • Ketika Bung Hatta Mengkritik Pembredelan Pers

    Apa rasanya negara tanpa media? Mungkin tak terkontrol.

  • Piawai Menulis sejak Belia, Karya Perdana STA Berbahasa Belanda

    Sutan Takdir Alisjahbana memang sudah piawai merangkai kata sejak usia 13 tahun. Karya perdananya pun ditulis dalam Bahasa Belanda.

  • Gus Dur dan Terwujudnya Kemerdekaan Pers di Indonesia

    SETELAH sekian lama terbelenggu dalam kekuasaan rezim, ruang gerak pers Indonesia akhirnya terbuka lebar di era reformasi. Pers mendapat kebebasan berekspresi, menyuarakan aspirasi, hingga mengkritik pemerintah. Presiden KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur sosok penting di balik perubahan itu.

  • Pers di Rezim SBY, Benci tapi Rindu

    Kebebasan pers yang bertanggung jawab ditegaskan dan ditegakkan di masa Kepresidenan SBY.

  • Lahirnya Pers Pancasila di Rezim Orde Baru Soeharto

    Di masa pemulihan Orde Baru, lahir yang namanya (istilah) Pers Pancasila pasca-kejatuhan Orde Baru dan G30S/PKI.

  • Pers di Era Habibie yang Dimerdekakan Pasca-Orde Baru

    Keran kebebasan pers baru benar-benar dibuka dan dibebaskan saat BJ Habibie menggantikan Soeharto.

  • Kebebasan Pers di Masa Presiden Soekarno, Lahir 124 Surat Kabar

    Puncak kebebasan pers di masa Soekarno lahir hingga 124 surat kabar di masa perang kemerdekaan.

  • Hadiri HPN, Jokowi: Media Harus Mampu Meluruskan Hal yang Bengkok

    Banyak sekali konten yang memiliki nilai-nilai edukasi namun tidak sedikit pula berita-berita bohong alias hoax yang kini bebas di medsos.

  • Tantangan Jurnalistik Menghadapi Arus Teknologi

    "Kita tahu dunia sedang meributkan banyak hal dan begitu cepat informasi tersebar."

  • Hary Tanoe Ajak Insan Pers Jadi Pemersatu Bangsa

    Kecintaan dr Soetomo pada bidang jurnalistik patut diacungi jempol, sekalipun ia sibuk menjadi tokoh pergerakan. Hingga akhir hayatnya, ia yang menakhodai sederet surat kabar di Indonesia agar tetap aktif dengan dunia pers.

FOTO & VIDEO

“Menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa—suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah di mana. Cara itulah yang bermacam-macam dan di sanalah harga kreativitas ditimbang-timbang.”

Seno Gumira Ajidarma

  • BOM SARINAH

    Seorang polisi membasi masyarakat agar tidak mendekati lokasi ledakan di Pos Polisi Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (14/1). Ledakan disusul baku tembak antara polisi dan pelaku ledakan menewaskan tujuh orang, di mana lima diantaranya merupakan terduga teroris.

  • PELAKU TEROR BOM SARINAH

    Dua orang terlihat mengecek tas di kawasan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/1). Keduanya diketahui merupakan pelaku teror bom Sarinah. Satu pelaku yang memakai topi dan beransel diketahui bernama Sunakin alias Afif. Keduanya tewas setelah baku tembak dengan polisi di lokasi kejadian.

  • NATASHA MISS INDONESIA 2016

    Miss Indonesia 2015 Maria Harfanti disaksikan Miss World Mireia Lalaguna memakaikan mahkota Miss Indonesia 2016 kepada Natasha Mannuela Halim, pada malam puncak Miss Indonesia 2016 di Studio Global TV, Kebon Jeruk, Jakarta, Rabu (24/2). Perwakilan Bangka Belitung ini berhasil menjadi Miss Indonesia 2016 setelah mengalahkan 33 kontestan lainnya, dan berhak mewakili Indonesia pada ajang Miss World 2016 di Washington DC, Amerika Serikat, pada 18 Desember.

  • PEMBONGKARAN KALIJODO

    Petugas menggunakan alat berat dalam proses pembongkaran bangunan, di kawasan Kalijodo, Jakarta, Senin (29/2). Pembongkaran tersebut dilakukan untuk mengembalikan fungsi kawasan tersebut menjadi ruang terbuka hijau (RTH). Kalijodo dikenal sebagai kawasan prostitusi terbesar di Jakarta.

  • MOBIL JATUH DI PLAZA CENTRIS

    Sebuah mobil Toyota Kijang kapsul bernomor polisi B 2347 MQ jatuh dari lantai 3 Plaza Centris, Kuningan, Jakarta, Selasa (5/4). Pengemudi yang menjadi korban langsung dibawa ke rumah sakit terdekat untuk diberi pertolongan. Diduga, mobil tersebut jatuh karena sopir kehilangan kendali saat berada di jalan turunan antara lantai 4 dan 3.

  • IMAM MASJID ISTIQLAL WAFAT

    Jamaah melakukan salat jenazah untuk mantan Imam Besar Masjid Istiqlal KH Ali Mustafa Ya'qub di Masjid Muniroh Salaman, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (28/4). Almarhum menghembuskan nafas terakhir sekira pukul 06.00 WIB di Rumah Sakit Hermina, Ciputat, Tangerang Selatan.

  • KISRUH KAMPUS TRISAKTI

    Truk yang membawa sejumlah orang diduga preman melintasi keluar Kampus Trisakti, Grogol, Jakarta Barat, Rabu (24/8). Sebelumnya terjadi kericuhan antara preman dan mahasiswa yang disebabkan oleh perseturuan konflik pihak yayasan dan civitas akademika pascaterpilihnya Eddy Suandi Hamid sebagai rektor baru yang menggantikan Thoby Mutis.

  • VONIS JESSICA WONGSO

    Terdakwa kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin, Jessica Kumala Wongso (baju putih) usai menjalani sidang pembacaan vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (27/10). Dalam sidang tersebut, majelis hakim memvonis Jessica 20 tahun penjara karena terbukti melakukan pembunuhan berencana terhadap sahabatnya, Mirna Wayan Salihin.

  • NOMOR URUT CAGUB-CAWAGUB

    Suasana hasil penetapan nomor urut pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017 di JIExpo Kemayoran, Jakpus, Selasa (25/10). Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta resmi menetapkan nomor urut pasangan calon gubernur DKI Jakarta yang akan bertarung pada Pilgub DKI 2017. Ada tiga pasangan calon yang akan mulai melakukan kampanye pada Jumat 28 Oktober 2016 mendatang. Dalam pengundian itu, pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni mendapat nomor urut satu. Sedangkan pasangan Basuki T Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat mendapat nomor urut dua. Kemudian pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno mendapat nomor urut tiga.

  • AKSI DAMAI 212

    Ribuan umat Islam mengikuti zikir dan doa bersama dalam Aksi Damai 212 di Silang Monas, Jakarta Pusat, Jumat (2/12). Aksi damai yang digelar Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) ini menuntut penuntasan proses hukum kasus penistaan agama dengan tersangka Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

  • BANJIR JAKARTA

    Banjir merendam kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Kamis (17/1/2013). Banjir yang sudah mencapai ketinggian satu meter tersebut melumpuhkan arus lalu lintas yang melintasi kawasan yang menjadi jantungnya Kota Jakarta.

  • KEKERINGAN

    Seorang ibu memandikan anaknya dari air irigasi sawah di Desa Ridogalih, Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (29/8/2013). Musim kemarau yang melanda kawasan tersebut membuat sumur warga menjadi kering sehingga sulit untuk mendapatkan air bersih. Kondisi geografis tanah di Kecamatan Cibarusah yang berbatu, menjadi salah satu penyebab sering terjadinya kekeringan.

  • KEMISKINAN

    Seorang warga melakukan aktivitas di Kawasan Muara Angke, Jakarta Utara, Rabu (3/8/2016). Berdasarkan angka kemiskinan BPS DKI Jakarta, jumlah penduduk miskin pada bulan Maret 2016 mencapai 384,3 ribu orang 3,75 persen. Angka kemiskinan tersebut sedikit meningkat dibandingkan dengan keadaan pada September 2015 yaitu 3,61 persen namun menurun jika dibandingkan dengan kondisi Maret 2015 3,93 persen.

  • KERING

    Seorang warga Jatiwarna Pondok Gede Bekasi, berjalan di tanah yang mengalami retak-retak akibat musim kemarau yang berkepanjangan yang hampir seluruh wilayah di Indonesia.

  • TUGU PANCORAN

    Petugas Balai Konservasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta mengidentifikasi kerusakan yang terdapat pada Patung Dirgantara di Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (12/5/2014). Identifikasi itu merupakan bagian dari proses konservasi agar diketahui kerusakan yang terdapat pada patung tersebut, seperti endapan debu, polusi dari gas buang, korosi, retakan, hingga lubang-lubang kecil. Setelah diidentifikasi, patung rencananya akan segera dibersihkan dan diperbaiki pada tahun ini.

  • Pers di Mata Tokoh Indonesia

  • Selebriti Berikan Tanggapan Terkait Hari Pers Nasional

  • Ini Tanggapan Insan Pers Soal Peran Media di Indonesia

© 2007 - 2016 okezone.com, All Rights Reserved